Dialog Basi Soal Indomie

Waktu masih kecil saya pikir sepatu merek Bata asli buatan Indonesia. Soalnya ada kata bata itu. Tidak sempat memikirkan kenapa kok ada sepatu dinamai bahan baku bangunan. Kebetulan salah satu pabriknya di Indonesia terletak di bilangan Kalibata, Jakarta. Pas dong. Eh, ternyata di kemudian hari baru tahu kalau Bata itu nama perusahaan asal Cekoslowakia.

Ini sebetulnya tema basi yang  sudah ada sejak awal tahun lalu, tapi saya baru tahu. Kalau ada yang bertanya: dari mana asal Indomie? Orang Indonesia pasti menjawab, “Ya pasti dari sini lah.” Tapi, kalau yang ditanya orang-orang Afrika, terutama Nigeria, ada yang ngotot bahwa indomie aslinya dari Nigeria. Malahan, katanya mie instan yang biasa dikirim buat bantuan bencana itu adalah makanan pokok bangsa Nigeria.

Entah sudah sejak kapan grup Indofood melakukan ekspansi ke tanah Afrika, tapi mungkin karena sudah lama dan kebetulan mie yang dijual di sana memang diproduksi perusahaan lokal, orang-orang Nigeria menganggap brand Indomie asli dari sana. Seperti merek Bata juga lah. Intinya, saya mau membagi tautan dari Youtube ini aja sih:

ngguyu

Perihal

Cuma seorang pengelana yang bebas berkeliaran.

Ditulis dalam Pemikiran, Pengamatan, Umum
26 comments on “Dialog Basi Soal Indomie
  1. frozen mengatakan:

    Indomie? (apalagi yang goreng?)
    Nggak ah, saya sudah lama mbelot ke Mie Sedap 8)

    ▄▄▄▄▄▄
    SJ: belajar masak dong. beli nasi warteg trus digoreng sendiri… beres dah.

  2. sawali tuhusetya mengatakan:

    duh, koneksi net lagi leomot, mas jenang. jadi ndak bisa lihat youtube-nya nih. setahu saya juga begitu. kalau yang mengandung kata “indo” itu artinya utk menegaskan bahwa produk tertentu itu berasal dari indonesia. ternyata ndak selalu begitu, yak!

    ▄▄▄▄▄▄
    SJ: mungkin nanti Coca-cola juga dianggap produk kita, pak.🙂

  3. lovepassword mengatakan:

    Kalau saya mah doyan semuanya. Indomie doyan, mie sedap juga doyan. ( maruk mode on)

    ▄▄▄▄▄▄
    SJ: muahahaha… sambil ngulik paswort pasti.

  4. JaF mengatakan:

    wahaha.. videonya kocak banget. Salam kenal dan terimakasih sudah ngelink mas.. tulisannya emang sudah basi dan lama, tapi indomi ndak akan basi toh hehehe

    ▄▄▄▄▄▄
    SJ: he he… salam kenal juga. makasih tulisannya…

  5. hastu mengatakan:

    Bata asal Cekoslowakia. oh ya? dr chech or slovaknya kalo skr?

    baru kemaren siang sy trima tamu dr kedubes canada, mnr mereka Bata itu originalnya dr negaranya Rush ini. Weh.. brarti sy kemaren tuh ketipu kalik ya?!

    ▄▄▄▄▄▄
    SJ: kalo baca di wikipedia sih pendirinya orang cech. gak juga sih sebetulnya dari mana itu… jangan2 perusahaan alien.:mrgreen:

  6. grace mengatakan:

    iya tuh, kata dosen saya yang asal sudan, barang2 made in indonesia buanyak buanget disana..soalnya katanya murah2 banget…baju, buku, semua deh…*katanya beliau sih*
    btw, kata temen saya bata dari kanada..yang bener yang mana ya?

    ▄▄▄▄▄▄
    SJ: mungkin di sudan sekarang juga kebanjiran produk cina, lebih murah. gak tau deh aslinya dari mana, tapi menurut wikipedia dari ceska itu.😀

  7. marsudiyanto mengatakan:

    Kok tumben Mas SJ buat postingan seperti ini…
    Kurang Njawani.
    Aku seneng Mie Djawa…

    ▄▄▄▄▄▄
    SJ: selingan, pak. soal njawani udah banyak sekarang. nyari2 celah..:mrgreen:

  8. Ngabehi K.M mengatakan:

    maaf kang, belajar dari pengalaman terkena typus sampai dua kali, akhirnya saya harus berhati hati dengan yang namanya mie mie, apa lagi mi mi cu cu ah

    ▄▄▄▄▄▄
    SJ: ya, banyak orang kena tipus gara2 mie instan. saya juga gak hobi makan gituan.

  9. Edi Psw mengatakan:

    Youtube-nya lucu banget hehehe…

    ▄▄▄▄▄▄
    SJ: weleh… blog seleb satu ini mampir lagi. makasih.😎

  10. ahgentole mengatakan:

    Hihihihi hidup Indomie! Bata bukannya buatan dalam Negeri?

    ▄▄▄▄▄▄
    SJ: kalo bicara buatan sih emang dalem negeri, tapi asal brand-nya itu emang Ceska.

  11. Lambang mengatakan:

    Ih, telat banget ya, saya baru lihat ada video bagus ini.

    Ada dua hal yang membuat saya kagum dengan postingan ini:

    1. Yang membuat video itu kreatif dan kurang kerjaan. Berapa jam dia buang untuk bikin video itu.
    2. Yang posting kayanya kurang kerjaan kelebihan waktu juga…:mrgreen: Berapa jam dibuang untuk nemuin video antik ini. Kecuali kalau dapat email dari temen… ya cepet…

    Saluut, siiip….

    ▄▄▄▄▄▄
    SJ: muahahaha… betul, ini dapet dari temen.

  12. Santri Gundhul mengatakan:

    Kang….
    Klu SARIMIE hasil produk mana kang???

    Percoyo gak sampeyan, gara-gara SARIMIE warnanya Kuning keputih-putihan neh…
    Orang SURINAMIE…pada KOMPLIN berat sama Dubes RI di Negerinya. Mereka minta SARIMIE diganti warnanya menjadi HITAM…huaaaaakkks..kaks..kaks…

    ▄▄▄▄▄▄
    SJ: he he he… bisa dijadiin merek mie instan baru.

  13. jenderal abee mengatakan:

    jiakakakakakkakakaka…video gua….mbuzz….!! 😆
    *nguekek rak ketulungan* :mrgreen:

    ▄▄▄▄▄▄
    SJ: ada lagi sih yg lebih gila… tapi ntar jadi kebanyakan.😎

  14. Rian Xavier mengatakan:

    hyahahaha. ada2 saja

    ▄▄▄▄▄▄
    SJ: makasih nih udah mampir.

  15. Yari NK mengatakan:

    Indonesia dan Nigeria, dua2nya negara yang RELATIF masih kurang eksistensinya di mata dunia. Mangkannya dua negara berpotensi untuk berebut “Indomie’ berasal dari mana, demi nama baik bangsa masing-masing. Padahal Jepang khususnya si penemu mi instan, Momofuku Ando, adem ayem aja tuh. Mungkin Jepang karena sudah banyak dikenal karya2nya di mata dunia….😛

    ▄▄▄▄▄▄
    SJ: kayaknya karena merasa kurang aja. begitu budaya sendiri dibajak baru rame…:mrgreen:

  16. Arm mengatakan:

    ^ lebih adem ayem orang2 China kuno yg nemuin mie😀

    ▄▄▄▄▄▄
    SJ: lha iya… tinggal sapa yg bisa dapet untung dari jualan mie aja kan.😎

  17. illuminationis mengatakan:

    mie… mie… ternyata saya ga boleh makan mie😦

    ▄▄▄▄▄▄
    SJ: saya juga gak suka…. walopun kalo keppet ya embat aja ketimbang laper.😀

  18. Hayya … saya suka Mie Bakso he he ntar kalau ke Nigeria dirasain apa sama rasanya

    ▄▄▄▄▄▄
    SJ: soal rasa kayaknya sama aja, pak. yg diproduksi mie goreng juga.🙂

  19. Choiri Setyawan mengatakan:

    IndoMie .. that’s mean?

    ▄▄▄▄▄▄
    SJ: ???

  20. ircham mengatakan:

    saya gak pernah beli sepatu merk BATA dan juga mie instan merk INDOMIE… jadi sama – sama belum pernah mersakannya….

    ▄▄▄▄▄▄
    SJ: he he he…

  21. zizaw mengatakan:

    Wah, kalo mie… nggak deh. Saya masih seperti orang jawa kalo belum makan nasi namana belum makan. Saya usahakan tidak makan mie instan kecuali kepepet.

    ▄▄▄▄▄▄
    SJ: sama, mas. walopun buatan Indonesia, tapi gak mesti kita konsumsi, bukan?

  22. KangBoed mengatakan:

    hiiik… hik.. hik… jadi pengen ketawa…. huuuuuwaaaaakakakakak…. ini judulnya yang mana yaaa bagusnyaaa…. hehehe….
    “Dialog Basi Soal Indomie”
    atau
    “Dialog Soal Indomie Basi”
    enakaaaaaaan nyang manaaaa yaaaa ???
    hihihihi… dasaaar gendeeeng kurang kerjaaaan… hahahaha…
    Salam Sayaaaaaaaaaang Selalu

  23. CY mengatakan:

    Hueheheh… bener sekali. Sekali waktu, saat jalan ke Taipei dan Kuala Lumpur saya kaget bukan main karena disana juga ada konter BATA. Dan saya pikir, “hebat juga si Bata ini bisa ekspansi sampai ke Taiwan”. Eh, tak taunya memang brand luar. hahaha….

  24. alrisblog mengatakan:

    Suer baru tau kalo bata itu yang punya Cekoslowakia. Tapi negara itu udah jadi dua : Cech dan Slovakia. Salam
    ALRIS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: