Jelajah Cepat Dengan Firefox

Jalan-jalan menengok blog atau blogwalking memang asyik. Selain untuk menambah wawasan, tak jarang juga tulisan blogger lain menjadi sumber inspirasi. Tapi, tentunya tak semua orang bisa merasakan nikmatnya berselancar dengan kecepatan tinggi, termasuk saya.  Karena itu, saya sempat ngoprek mencari cara untuk memacu kendaraan di internet. Kebetulan sejak ketemu ‘asu geni’ saya sampai sekarang tidak doyan memakai penjelajah (browser) lain lagi. Di browser ini pula saya mendapati tip sederhana untuk memecut ‘asu’ satu ini.

Dari sisi arus data, kecepatan akses internet secara umum tergantung dari seberapa lebar selang data yang kita punya. Kalau memakai selang akuarium pasti arus datanya tak  selancar menggunakan selang pemadam kebakaran, analoginya. Tapi, sebetulnya ada alternatif untuk menyiasati kecepatan akses. Salah satu caranya adalah dengan mengurangi permintaan data dari laman atau situs yang diakses.

Dalam hal ini Firefox punya alternatif yang sepertinya cukup banyak. Saya ambil salah satu saja karena selama ini cara tersebut sudah mujarab. Kita tinggal ketik REG memencet tombol Tools -> Options lalu dari situ pilih menu ‘Content’. Kemudian muncul gambar:

Menu Firefox

Menu Firefox

Kemudian baris kedua seperti dalam gambar diubah menjadi tidak dicentang. Dari kata-kata di situ tersirat *haiyah* makna yang cukup dalam. Salah satu faktor yang memperlambat akses situ internet adalah banyaknya jumlah gambar yang ditampilkan. Karena itu, dengan meniadakan permintaan gambar tentunya bakal mempercepat akses. Dengan catatan bahwa apa yang ingin kita akses hanya berupa teks, bukan gambar. Hasilnya bisa dilihat pada penampakan berikut ini:

Yahoo!

Yahoo!

Dengan demikian Anda tak perlu mencoba penjelajah lain seperti Google Chrome dan lain-lain kalau yang diincar hanya kecepatannya. Saya sendiri tak terlalu tertarik meski versi yang tersedia sudah diklaim sebagai versi saya, ana, atau beta.

Ada juga sih tip yang lebih mutakhir di sini, tapi silakan dipelajari sendiri.

Akhir kata, saya sadar sepenuhnya bahwa tulisan kali ini tampaknya jauh bergeser dari tema-tema sebelumnya. Pun tak sejalan dengan konsep blog yang sudah saya canangkan sejak awal. Tapi, setidaknya masih klop dengan judul blog, Halte Perjalanan. Bisa juga diselipkan unsur kebudayaan Jawa, yaitu prinsip alon-alon waton kelakon. Kalau memang koneksi internet kita lamban, ada baiknya kita belajar bersabar. Katanya kan orang sabar disayang Tuhan.

Perihal

Cuma seorang pengelana yang bebas berkeliaran.

Ditulis dalam Pemikiran, Pengamatan, Umum
20 comments on “Jelajah Cepat Dengan Firefox
  1. esensi mengatakan:

    Hueehehe… sampeyan berada di barisan pengguna Open Source yah. Saya pake browser andalan dari Norwegia, Opera, sejak dulu. Lebih klop. Featurenya lebih lengkap. Dan tercepat tentunya!😛
    .😯 busyet! sampe dimatiin tuh fasilitas Load Images???
    Padahal ndak ferlu syusah-syusah. Sampeyan beralih saja ke golongan kami, Operaiyah. sebab jika begitu, Firefoxiyah jadi ndak ada beda ama keparat Internet Exploriyah. Saya zamin mas jenang, berada di jamaah saya, sampeyan ndak ferlu membantai fasilitas-fasilitas yg ada, tentrem, ayem, gemah ripah loh jinawi. Maka, jadilah golput bersama kami! filihlah Opera! Haruz! Wajip! Kudhu! Muessti!!:mrgreen: *mekso ya*
    .
    ▄▄▄▄▄▄
    SJ: opera suka pura-pura, akting aja. *halah* kadang akses di kantor bisa lelet karena banyak yg ngunduh foto-foto. ada juga yg doyan rapidshare. mana bisa ofera memberi janji surga. mending tetap firefox aja.😎

  2. Achmad Sholeh mengatakan:

    meski tidak biasanya kayaknya cukup bermanfaat bagi orang lain kok boss saya rasa tidak mengurangi nilai malah tambah kayaknya.

    ▄▄▄▄▄▄
    SJ: makasih. kayaknya lumayan juga sekalian ganti suasana. he he he…:mrgreen:

  3. sufimuda mengatakan:

    saya biasa pake firefox, tapi beberapa hari ini kalau posting artikel kok selalu bermasalah ya, selalu muncul tulisan aneh di awal artikel, jadi terpaksa dech ke warnet t posting🙂

    ▄▄▄▄▄▄
    SJ: mungkin ada ketempelan serangga (bug) atau ada add on yg ngadat. sejauh ini saya pake versi 3.01 lancar jaya.

  4. Ngabehi K.M mengatakan:

    wah kiayine kok sekarang bahas computer, internet dan tetek bengeknya. baru dapet wangsit po kang, he eh

    ▄▄▄▄▄▄
    SJ: lha menika wolak-waliking jaman. *haiyah*:mrgreen:

  5. adipati kademangan mengatakan:

    Setelah sekian posting membahas “pedalaman” kini kyai sitijenang langsung meluncur ke alat, ternyata alat menjadi salah satu faktor yang tidak boleh disepelekan ya.

    ▄▄▄▄▄▄
    SJ: he he he… sekali-sekali refreshing membahas piranti alus.

  6. Sawali Tuhusetya mengatakan:

    saya masih suka gonta-ganti browser, mas sitijenang. sekarang malah netscape navigator. loading cepet dan minimalis. fresh….

    ▄▄▄▄▄▄
    SJ: wah saya udah lama gak ngikutin perkembangan netscape. setahu saya firefox adalah kembangan dari situ juga.

  7. lovepassword mengatakan:

    Alon-alon waton kelakon.

    Ojo kesusu.

    Sluman slumun slamet.

    wah nggak jadi alon-alon waton kelakon dong.

    ▄▄▄▄▄▄
    SJ: ya tetep dong. naek pesawat terbang walaupun alon-alon kan cepet juga.

  8. Rindu mengatakan:

    ini ngomongin apa yah kang … *gak mudeng*

    ▄▄▄▄▄▄
    SJ: wah sampeyan kebanyakan pake bahasa kalbu. ini ngomongin tunggangan di internet, browser.😳

  9. Gempur mengatakan:

    Alhamdulillah akhirnya bisa cepat juga.. Matur nuwun kang tipsnya..😀

    ▄▄▄▄▄▄
    SJ: he he he… ngebut tak mesti benjut.:mrgreen:

  10. bisaku mengatakan:

    Kalo mau cepat itu bukan hanya gambar, tapi juga banyaknya iklan yang muncul. Di Firefox ada Add Ons untuk melakukan blocking pada berbagai macam iklan yang ada. Selama ini saya menggunankannya dan bisa berselancar dengan nyaman … Bisa dilihat di AdBlock Plus Firefox. Cara installnya juga mudah, tinggal install lalu nanti memilih layanan (gratis~aktivasi dan download hanya di penggunaan pertama secara otomatis) dan selesai deh..

    Wei .. Wei .. mau berputar haluan ke bidang TI ya kang hahaha ….

    ▄▄▄▄▄▄
    SJ: ya, itu dia! add on itu salah satu daya tarik Firefox. selingan aja sih… thx tip tambahannya.

  11. Herianto mengatakan:

    Lha, ntar avatar saya jadi gak kelihatan dong mas.:mrgreen:

    ▄▄▄▄▄▄
    SJ: wakakaka… masih bisa, pak. tinggal klik kanan lalu minta dimunculkan wajah gantengnya.

  12. masih mikir-mikir…hehehehehe

    ▄▄▄▄▄▄
    SJ: dirasa juga dong…:mrgreen:

  13. Andy MSE mengatakan:

    Saya tidak fanatik pakai OS dan browser tertentu, kadang pakai windows, mac, linux, solaris, kadang firefox, mozilla, flock, chrome, konqueror, opera, netscape, netfront, IE, seamonkey, safari…
    Haiyyah… pokoknya yang ada di depan mata langsung pakai saja…
    Gitu aja kok repot…

    ▄▄▄▄▄▄
    SJ: saya juga tidak fanatik, dan tidak pula sedang repot.😎

  14. santribuntet mengatakan:

    sama kok kang, temanya perjalanan dari halte ke halte. Kalau ingin cepat ya sampean sudah memberikan tipsnya. Ibarat kata, jik bus biasanya mengangkut sewa penumpang ini membawa barang2 kiriman. Ya malah tambah berisi dan bermanfaat dong…😀
    makasih tas tipsnya. saya mau praktekkan segera!

    ▄▄▄▄▄▄
    SJ: he he he… bener juga ya. makasih kembali.

  15. Arif Budiman mengatakan:

    Waduh lama ya gak njenguk blog peyan… Takpikir dah gak nulis lagi…
    Iya, temen2ku juga lebih suka Mozilla daripada IE atau Opera (atau bahkan yang laen…:mrgreen: ). Katanya lebih cepat aksesnya… Enak juga menunya sih…

    ▄▄▄▄▄▄
    SJ: emang baru kembali dari alam kubur kok.:mrgreen:

  16. Dimas mengatakan:

    alkamdulilah
    Akirnya ketemu juga yg saya cari terima kasih om siti jenang
    salam kenal

    ▄▄▄▄▄▄
    SJ: sama-sama. salam kenal juga.

  17. agorsiloku mengatakan:

    he..he… saya juga ikut mazhab firefoxiyah.
    Betul juga di mazhab ini juga bisa motong imej yang nda perlu. Biar hemat benwith dan cepat saji. Biarpun sedikit berkorban kesenangan lihat imej….

    ▄▄▄▄▄▄
    SJ: pengorbanan yg tidak sia-sia.:mrgreen:

  18. Rochmaniac mengatakan:

    Kecepatan memang penting, makin cepet, makin sedikit waktu terbuang, juga uang terbuang.

    ▄▄▄▄▄▄
    SJ: ya, pak. jamannya berhemat.

  19. marsudiyanto mengatakan:

    Mas SJ sama dengan saya. Saya paling gemati dengan apa yang saya pahami dan sukai, tanpa harus berlomba untuk ngerti lebih duluan. Kadang saya heran juga dengan tingkah polah orang yg berlomba untuk nyoba yg serba baru, walau belum tentu cocok dengan kebutuhan. Kalau itu shampo, pasti sudah pada ketombean kerana gonta-ganti shampoo. Saya masih nyaman pakai Asu Geni, saya juga nyaman pakai blogspot, nyaman pakai MS PowerPoint. Saya pernah nulis:
    [ http://marsudiyanto.blogspot.com/2008/06/aku-belum-aku-sedang-dan-aku-sudah.html ]

    ▄▄▄▄▄▄
    SJ: betul, pak. saya sekarang ketombean nih gara-gara orang rumah suka gonta-ganti shampoo. *curhat colongan*:mrgreen:

  20. pandu mengatakan:

    sbg plngkap sj, khusus u/ pmbuatn tmpilan d blog2 qt, sbaikny gbr. jpg diubah jd .gif. logikanya .gif jauh lbh kecil ukrnny. shngg lbh cpat di load oleh jnis browser mnasaja. tp mngkin kualtas gbr. agak lbh sdkit kasar. tp tdk mnimbulkan jrawat B-)

    ▄▄▄▄▄▄
    SJ: makasih, mas. memang GIF hanya memberi maks 256 warna aja, namun tidak selalu lebih kecil. ada beberapa gambar JPG malah membengkak ketika ditransfer ke GIF.

Tinggalkan Balasan

